Micro Influencer: Pengertian, Kelebihan serta Ratenya
Pada dasarnya, micro influencer adalah pengguna media sosial yang mempunyai jumlah pengikut antara 10 ribu hingga 50 ribu. Dengan jumlah pengikut sebanyak itu, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan jasa mereka, karena dianggap memiliki target engagement yang lebih besar untuk promosi produk.
Benarkah faktanya seperti itu? Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai pengertian micro influencer, kelebihan menggunakan jasanya, serta berapa rate atau harga yang biasanya mereka tawarkan. Semuanya akan kita bahas di bawah ini. Untuk itu, simak baik-baik!
Apa Itu Micro Influencer?
Micro influencer adalah pengguna media sosial baik Instagram, Facebook, TikTok, dan media sosial lainnya yang memiliki jumlah pengikut antara 10 ribu sampai dengan 50 ribu di akun sosial media mereka. Nah, para pengguna media sosial ini kita kenal dengan keahlian serta popularitasnya.
Influencer tipe micro ini memiliki engagement rate yang tinggi, yakni sekitar 60%. Hal ini karena jumlah pengikutnya yang masih berada di bawah 100 ribu. Karena, jika semakin tinggi jumlah pengikutnya, akan semakin rendah juga engagement rate-nya. Itulah mengapa micro influencer tetap dibutuhkan oleh brand saat melakukan promosi.
Kelebihan Menggunakan Jasa Micro Influencer
Jika Anda sudah siap untuk menggunakan jasa micro influencer untuk mempromosikan brand Anda, berikut kami berikan kelebihannya agar lebih meyakinkan, yaitu:
1. Mendapatkan Engagement Rate yang Lebih Tinggi
Kita sering berpikir bahwa jika semakin banyak pengikut yang dimiliki oleh seseorang di media sosialnya, maka akan semakin banyak pula engagement rate yang mereka peroleh. Namun, faktanya tidak seperti itu, hal itu adalah kesalahan persepsi.
Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa micro influencer adalah pengguna media sosial yang mempunyai tingkat engagement yang tinggi daripada para selebgram lainnya. Hal tersebut dikarenakan mereka mempunyai jumlah pengikut yang lebih tersegmentasi, sehingga mereka memiliki tingkat ketertarikan yang sama.
Lebih singkatnya, jika memang Anda mengincar orang yang mempunyai tingkat ketertarikan yang sama terhadap sesuatu. Maka, Anda juga memiliki potensi untuk mendapatkan engagement rate yang lebih tinggi daripada menyewa jasa selebgram yang pengikutnya memiliki ketertarikan yang berbeda-beda.
2. Mampu Mengajak Followers Untuk Aksi Tertentu
Jika Anda menyewa jasa influencer, maka mereka akan mempromosikan brand yang Anda tawarkan terhadap pengikutnya yang sangat setia. Setiap pengikut akan melakukan aksi follow campaign, karena ada alasan yang sesuai dengan minat mereka.
Selain mampu memberikan informasi tentang suatu brand secara lengkap, influencer adalah orang yang juga bisa mengajak setiap pengikutnya untuk percaya terhadap brand yang Anda tawarkan.
Selain itu, disaat mereka mengunggah brand ataupun jasa yang Anda tawarkan, dipastikan setiap pengikutnya juga akan merasa lebih sesuai dengan brand yang Anda tawarkan.
3. Mampu Menyasar Target Pasar
Media sosial adalah salah satu media yang cukup efektif untuk mempromosikan sekaligus memasarkan usaha Anda. Oleh sebab itu, memilih bekerjasama dengan influencer di media sosial bisa menjadi pilihan tepat.
Karena, salah satu kelebihan menggunakan jasa micro influencer adalah Anda bisa mempunyai kesempatan untuk menunjukkan produk yang Anda punya pada target pasar yang lebih spesifik berdasarkan kriteria tertentu. Seperti pengikut dari para influencer tersebut.
Hasilnya, hal ini tentunya mampu untuk meningkatkan engagement rate yang akhirnya juga akan mengarah terhadap konversi penjualan. Menarik, bukan?
4. Biaya Jasa yang Terjangkau
Budget merupakan hal yang sangat penting, khususnya bagi Anda yang baru saja menjalankan usaha. Nah, pada saat bersamaan, Anda tentu juga tetap ingin hal yang terbaik untuk kelancaran usaha Anda. Dengan menggunakan jasa micro influencer inilah, Anda bisa lebih menghemat budget untuk marketing produk.
Budget untuk menyewa jasa micro influencer sangatlah terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa bereksperimen dengan mereka, agar bisa mempelajari hal apa yang lebih baik untuk usaha yang Anda jalankan seperti inovasi campaign, giveaway dan sebagainya.
5. Mendapatkan Kepercayaan yang Lebih dari Konsumen
Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen secara keseluruhan dengan jasa promosi oleh micro influencer. Hal ini karena konten promosi yang dibagikan influencer tersebut lebih meyakinkan, sama seperti rekomendasi pribadi antar konsumen.
Selain itu, kepercayaan konsumen terhadap iklan di televisi biasanya bisa mengalami penurunan yang cukup signifikan. Maka dari itu, promosi melalui jasa influencer bisa membantu Anda untuk mendapatkan kembali kepercayaan konsumen.
Terlebih lagi, audiens yang menjadi pengikut mereka umumnya telah mempercayai opini yang mereka bagikan. Karena kekuatan untuk mempengaruhi audiens inilah yang menjadikan banyak brand tertarik untuk menggunakan teknik pemasaran melalui influencer.
Berapa Rate Micro Influencer?
Nah, setelah mengetahui apa itu micro influencer dan kelebihan menggunakan jasanya. Kali, ini kita lanjutkan untuk membahas rate atau harga yang mereka tawarkan untuk mempromosikan sebuah produk di media sosial mereka.
Dalam menentukan harga jasa influencer, biasanya menggunakan istilah rate card influencer atau informasi harga. Yang biasanya influencer gunakan untuk memberikan informasi kepada suatu brand yang akan menggunakan jasanya.
Bukan hanya tentang harga, isi dari rate card sendiri merupakan gambaran demografis, engagement rate, kebijakan, serta ketentuan pilihan paket posting hingga hasil promosi yang pernah influencer jalankan dengan brand sebelumnya. Sama seperti portofolio, rate card adalah gambaran bagaimana brand bekerja sama dengan seorang influencer.
Untuk rate influencer tipe micro di media sosial Instagram biasanya berkisar Rp600.000,00. Untuk media sosial TikTok berkisar Rp200.000,00. Sedangkan di YouTube berkisar Rp500.000,00.
Meski begitu, tarif yang mereka tawarkan bisa saja berubah berdasarkan pertumbuhan jumlah pengikutnya. Tak jarang mereka juga banyak yang mematok harga sendiri, karena beberapa faktor, yakni pertumbuhan pengikut, engagement dan reach, serta scope of work.
Bagaimana Memilih Micro Influencer yang Tepat?
Beberapa kriteria yang perlu Anda tahu sebelum menggunakan jasa micro influencer adalah tampilan atau kesan pertama. Karena audiens lebih menyukai tampilan yang aesthetic.
Jadi, pastikan Anda memilih seorang influencer yang memiliki pemahaman yang baik dalam mengatur feed-nya. Hal ini menjadi modal utama yang bisa Anda percaya.
Selanjutnya, keberagaman. Selebgram pasti memiliki pengikut berdasarkan ketertarikan yang sama atau demografi yang sama. Biasanya, mereka akan memberikan data yang lengkap sebelum kerja sama.
Sehingga, brand bisa memprtimbangkan secara matang berdasarkan demografi atau ketertarikan. Kemudian, menyesuaikan dengan promosi yang akan Anda lakukan.
Terakhir, lingkar pertemanan. Selebgram biasanya memiliki komunitas mereka sendiri. Semakin baik lingkaran pertemanannya, semakin baik juga kualitas pengikutnya. Jika hal yang terjadi sebaliknya, maka brand perlu untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum bekerja sama.
Sudah Tahu Apa Itu Micro Influencer?
Kesimpulannya, micro influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki jumlah followers di bawah 100.000, memiliki engagement rate cukup tinggi serta memiliki ketertarikan yang sama dengan pengikutnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat!
Komentar
Posting Komentar